Cara Mengobati Sengatan Lebah dengan Mudah

Mengobati Sengatan Lebah - Lebah merupakan mahluk kecil, akan tetapi pada saat kita terkena sengatanya sakitnya luar biasa. Aapabila orang tidak tahan sakit, biasanya akan langsung menangis. Walaupun hasil sengatan sudah dicabut, kadang dapat menimbulkan rasa nyeri, gatal dan dapat membuat bengkak.

Cara Mengobati Sengatan Lebah

Untuk langkah awal dalam mengobati sengatan lebah dengan cara menghilangkan sengatnya yang masih menempel pada kulit. Jika sengatan tersebut tidak lekas diambil, akan menimbulkan infeksi serius pada kulit. Setelah melakukan pencabutan, anda bisa melakukan pengobatan seperti dibawah ini.

Mengobati sengatan lebah secara cepat

1. Kompres Dengan Es Batu
Sebelum mengompres pakai es batu, cabut dulu sengatan lebah yang masih menempel pada kulit, setelah itu tempelkan es batu selama kurang lebih 15menit. Es batu tersebut berguna untuk menjadikan arena yang terkena sengatan menjadi mati rasa, sehingga akan menghilangkan rasa nyeri dan mengurangi pembengkakan.

2. Menggunakan Pasta Gigi
Kadang pasta gig dibuat untuk mengobati saat terkena panas kenalpot, tapi pasta gigi juga dapat mengobati sengatan lebah. Hal ini karena adanya zat alkalin yang dapat menetralkan racun, zat alkalin sendiri merupakan zat yang bersifat asam. Selain itu juga terdapat gliserin pada pasta gigi yang berguna mengeluarkan racun, akan tetapi mempunyai efek yang menjadikan kulit pada area sengatan menjadi iritasi. Untuk mengatasinya, cuci sampai bersih pada kulit yang masih terdapat pasta gigi.

3. Menggunakan Pepaya
Seperti di ketahui, pepeya mengandung papain yang berguna untuk menghilangkan racun. Akan tetapi jika Anda mempunyai masalah kulit seperti iritasi, sebaiknya jangan menggunakan pepaya ini secara berlebihan. Jika muncul ruam pada kulit, segera di bersihkan hingga bersih pada bagian yang telah digosoki pepaya tersebut.

4. Menggunakan Minyak Atsiri
Untuk mengurangi rasa nyeri serta bengkak, anda juga dapat menggunakan minyak esensial untuk mengobati sengatan lebah, seperti minyak jarak dan minyak lavender. Pemakaianya cukup oleskan pada arena sengatan agar rasa nyeri menjadi berkurang.

5. Menggunakan Lidah Buaya
Apabila disekitar rumah terdapat lidah buaya, anda bisa manfaatkan lidah buaya tersebut di saat kena sengatan lebah. Haluskan lidah buaya dan campur dengan madu, lalu oleskan pada area sengatan.

6. Menggunakan Cuka
Untuk cara terakhir anda biasa memanfaatkan cuka, caranya pun tergolong cukup sederhana. Buatlah pasta dari campuran cuka dan baking soda, setelah itu oleskan hasil campuran tadi ke area yang terkena sengatan. Fungsi cuka dapat menetralkan racun akibat sengatan lebah, selain itu campuran cuka dan baking soda dapat meringankan rasa nyeri pada area sengatan.

Cara diatas merupakan langkah awal mengobati sengatan lebah, dan usahakan cara tersebut dilakukan secara cepat agar tidak berakibat buruk. Sampai disini dulu ulasannya, dan jangan lupa baca artikel lain tentang manfaat vitamin A bagi kesehatan tubuh.