Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan

Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan - Pada umumnya, jeruk nipis digunakan oleh masyarakat untuk pelengkap bumbu masakan dan dijadikan minuman. Dengan rasa khas yang agak asam tersebut, menjadikan rasa masakan nikmat dan dan sangat menyegarkan jika dibuat minuman. Hal tersebut sering kita jumpai saat diwarung makan, yang biasa dijadikan pelengkap Soto dan minuman Es jeruk. Dengan harga yang cukup murah, menjadikan jeruk nipis sangat laris dan sering digunakan bagi kehidupan sehari - hari.

Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan

Selain itu, ternyata jeruk nipis menyimpan 1001 manfaat dan khasiat bagi kesehatan dan bahkan baik untuk kecantikan. Saat dijadikan masakan, jeruk nipis berguna untuk mengurangi minyak dan santan yang ada pada menu masakan sehingga akan mengurangi dan tidak mengganggu pada tenggrokan tersebut. Khasiat jeruk nipis dalam melegakan tenggorokan tersebut sudah lama terbukti keampuhan nya. Dan untuk kecantikan sendiri, berguna dalam mengatasi kulit kusam, menghilangkan bekas jerawat dan perawatan kulit lainya.

Keampuhan jeruk nipis tersebut memang terbukti dan bahkan obat kesehatan lain yang telah beredar dipasaran menggunakan bahan yang satu ini. Nah untuk itu, berikut ini kami rangkumkan manfaat jeruk nipis bagi kecantikan dan untuk kesehatan tubuh. Untuk itu, simak ulasan dibawah ini.

Manfaat jeruk nipis bagi kecantikan

1. Menghilangkan jerawat
Penyakt kulit yang seperti ini harus segera dihilangkan, caranya menggunakan air dari perasan jeruk nipis. Oleskan hasil perasan tersebut pada permukaan kulit wajah yang terdapat bekas jerawat secara rutin agar sangat efektif.

2. Merawat kulit wajah
Jeruk nipis dapat digunakan untuk membuat wajah Anda terlihat nampak segar, menghilangkan komedo, noda bekas jerawat dan penyakit kulit lainya. Cara untuk perawatan kulit tersebut, oleskan pada wajah campuran perasan jeruk nipis yang telah dicampur dengan putih telur. Lakukan tips tersebut secara rutin agar menjadikan kulit wajah menjadi bersih.

3. Memutihkan kulit wajah
Jika wajah anda terlihat kusam, gelap, sebaiknya anda bisa coba menggunakan jeruk nipis. Untuk menggunakanya, campurkan perasan air jeruk nipis dengan bubuk kunyit, susu bubuk, lalu campuran bahan tadi oleskan pada wajah hingga leher.

4. Merawat kesehatan rambut
Manfaat jeruk nipis bagi kecantikan lainya adalah untuk perawatan rambut. Anda punya masalah dengan rambut, seperti kusam, ketombean, mudah patah? ada baiknya anda menggunakan perawatan alami dengan jeruk nipis. Setelah selesai keramas dengan shampo, gunakan air perasan jeruk nipis ke rambut kepala.

Khasiat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh

1. Baik untuk diet
Jika sedang menjalankan program diet, alangkah baiknya Anda jangan melupakan jeruk nipis. Dengan meminum minuman dari jeruk nipis setiap harinya, dapat memberikan rasa kenyang sehingga Anda dapat menurangi nafsu untuk mekan ataupun ngemil. Selain itu, kandugan lemak yang cukup randah, menjadikan program diet Anda menjadi lebih lencar dan semakin cepat.

2. Melancarkan pencernaan
Kandungan flanovoid pada jeruk nipis dapat menetralkan racun dan mengeluargan racun dalam tubuh. Dengan meminum jeruk nipis tiap hari anda akan terhindar dari sembelit dan penyakit diare.

3. Sumber vitamin C
Kandungan Vitamin C jeruk nipis merupakan sumber antioksidan yang dapat melawan radikal bebas bagi tubuh. Dengan meminum tiap hari, dapat mengurangi kerutan pada kulit dan menjadikan anda tampak awet muda. Selain itu vitamin C pada jeruk nipis membantu kebutuhan kebutuhan vitamin harian.

4. Menobati batuk
Jeruk nipis sangat mujarab meredakan dan menghilangkan batuk berdahak. Caranya dengan menggunakan jeruk nipis dengan campuran madu dan air hangat, aduk sampai rata lalu diminum. Lakukan minimal 2 kali sehari agar dapat menyembuhkan batuk tersebut.

5. Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan lainya
Selain manfaat diatas, masih banyak khasiat jeruk nipis yang baik bagi kesehatan lain yang terkandung didalamnya adalah,
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mengobati Demam atau Flu
  • Menyembuhkan radang tenggorokan
  • mengobati demam akibat Malaria
  • Mengobati Ambeien
  • Menyembuhkan Amandel
  • Menobati Batu Ginjal
  • Mengatasi Haid tidak teratur
  • Mengatasi bau badan
  • Mengobati Difteri
  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Nah itulah beberapa khasiat dan manfaat jeruk nipis bagi kesehatan dan kecantikan alami yang sangat diperlukan tubuh. Dengan memanfaatkan khasiat dari jeruk nipis tersebut, secara tidak langsung menjadikan tubuh lebih sehat dan kebal dari penyakit ringan serta mencegah masuknya berbagai macam penyakit. Cukup sekian tips kesehatan kali ini, dan baca juga tips menjaga kesehatan mata secara aman.