Mengenal Kanker Darah Leukemia Stadium Awal pada Anak

Pastinya Anda pernah mendengar penyakit ganas yang benama kanker darah leukemia? dan yang penjadi pertanyaan apakah Anda sudah mengetahui penyebab Leukemia dan efek samping yang ditimbulkanya? Meskipun kita semua bukan dokter dan tidak pernah terkena penyakit tersebut, namun dengan mengetahui bahaya yang ditimbulkan akan menjadikan kita lebih waspada terhadap segala jenis penyakit berbahaya lainya. Dan selain itu menjadikan kita lebih giat lagi dalam menjaga kesehatan tubuh dan menjalankan pola hidup yang benar.

Mengenali Kanker Darah Leukemia Stadium Awal pada Anak

Secara umum, penjelasan tentang kanker darah leukemia adalah jenis kanker ganas yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang sehingga sel darah putih mengalami jumlah peningkatan secara tidak normal. Sehingga menjadikan produksi sel darah merah menjadi terganggu dan berakibat mudahnya penyebaran sel kanker pada tubuh. Jika masalah tersebut tidak segera diatasi, sel darah merah makin terus berkurang sehingga pertahanan tubuh mulai lemah. Oleh karena itu, bagi penderita penyakit leukemia yang terlambat di obati akan mengalami komplikasi sehingga akan sulit untuk disembuhkan secara mudah.

Secara umum penyebab leukemia tidak begitu diketahui secara pasti, karena banyak faktor yang dapat memicu terjadinya kanker kanker darah leukemia. Namun bagi anak - anak yang telah mengalaminya dapat disebabkan faktor keturunan dan adanya radiasi disekitar daerah tempat tinggal. Proses perkembangan sel kanker akan berlangsung dengan cepat dan berangsur-angsur menjadi kronis. Dan bagi Anak-anak biasanya jenis penyakit leukemia akut dan bagi untuk yang kronis biasanya menyerang untuk orang dalam kelompok umur tertentu. Dan untuk lebih jelas yang menjadi penyebab, berikut daftarnya.

Penyebab kanker darah leukemia

  • Faktor Radiasi
  • Faktor Merokok
  • Faktor Benzena
  • Faktor Kemoterapi
  • Faktor Kelainan darah tertentu
  • Faktor Penyakit turunan
  • Faktor Riwayat keluarga
  • Faktor Virus

Tanda dan gejala penyakit leukemia

Bagi semua penderita kanker darah leukemia umumnya mempunyai gejala atau tanda-tanda yang berbeda dari penderita lain. Namun secara umum, mereka juga mengalami gejala yang sama, dan diantaranya.

1. Mudah Lemah atau lelah
Penderita sering mengalami kondisi dimana tubuh cepat mengalami kelelahan, pucat dan pernafasan yang cepat. Hal tersebut disebabkan kurang nya sel darah merah sehingga oksigen didalam tubuh menjadi berkurang.

2. Perdarahan
Semakin banyaknya sel darah putih pada tubuh mengakibatkan sel pembeku pada darah tidak bekerja dengan optimal, dan mengakibatkan mudahnya mengalami pendarahan pada jaringan kulit. Selain itu gusi berdarah, munculnya keungu-unguan pada kulit.

3. Terserang Infeksi
Fungsi sel darah putih dalam tubuh adalah sebagai pelindung tubuh, manun dalam kasus penyakit leukemia sel darah putih yang dihasilkan tidak normal sehingga tidak berfungsi dengan semestinya. Sehingga berakibat rentan terhadaop virus dan bakteri.

4. Nyeri Perut
Nyeri pada perut merupakan salah satu indikasi gejala kanker darah leukemia, dimana sel leukemia terkumpul pada organ empedu, hati dan ginjal yang menjadikan orgam-organ tersebut mengalami pembesaran sehingga menyebabkan rasa nyeri. Dan dengan nyeri perut yang berlebih dalam waktu lama, berdampak pula hilang nafsu untuk makan.

5. Pembengkakan Kelenjar Lympa
Penderita penyakit leukemia kemungkinan mengalami pembengkakan pada kelenjar lympa. Hal tersebut bisa dilihat pada bagian bawah lengan, leher, dada dan lainnya. Kelenjar lympa sendiri berfungsi untuk menyaring darah, sel leukemia mengendap pada bagian tubuh tadi dan mengakibatkan pembengkakan.

6. Nyeri Tulang dan Persendian
Hal tersebut terjadi akibat terdesaknya sumsum tulang oleh sel darah putih.

Gejala penyakit leukemia seperti diatas bukan dijadikan patokan jika orang tersebut kertaka kanker darah leukemia. Namun jika mengalami kondisi atau gejala tersebut, sebaiknya Anda harus segera berkonsultasi dengan ahlinya (dokter) karena mereka dapat mendiagnosis penyakit dan melakukan tindakan yang lebih lanjutan. Pasalnya jika dibiarkan infeksi atau masalah lain dapat menyebabkan penyakit lain dan untuk mecegahnya dapat dilakukan dengan pemeriksaan pada fisik. Dalam pemeriksaan nantinya akan melakukan pengecekan pada kelenjar getah bening dan lympa oleg dokter.

Secara umum gejala kanker darah memang terlihat mirip seperti penyakit pada umunya sehingga membuat banyak orang tidak menyadari terhadap kemungkinan terserang penyakit tersebut sehingga mereka sudah terlambat untuk mengantisipasinya. Hal tersebut sangat disayangkan karena jika diketahui lebih awal pastinya dapat di obati dengan mudah, sebab jenis kanker darah leukemia berbeda dengan kanker lain seperti penyakit jantung, kanker usus besar dan kanker lainya. Karena penyakit leukemia tidak mudah dicegah dan doibati dengan makanan, olahraga dan obat herbal alami sehingga hanya membutuhkan penanganan dengan transfusi sel darah merah dan operasi.

Itulah beberapa ulasan tentang gejala kanker leukemia yang harus kita ketahui sebelum berakibat buruk bagi kesehatan. Demikian artikel kesehatan kali ini yang membahas kanker darah leukemia stadium awal pada anak yang dapat kami sampaikan. Dan selain artikel tersebut lihat juga pembahasan menarik lainya mengenai beberapa jenis penyakit sistem pencernaan pada manusia yang membahayakan bagi kesehatan tubuh.