Penyakit Sistem Pencernaan Pada Manusia

Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya mengenai jenis penyakit menular, banyak sekali penyakit yang sering dialami oleh manusia. Mulai penyakit ringan seperti Influenza, Demam dan bahkan yang paling kronis seperti penyakit tumor. Dalam upaya mengatasi masalah tersebut diharuskan selalu menjaga kesehatan tubuh, karena tubuh yang sehat dapat mencegah segala penyakit sejak dini. Dan untuk kasus penyakit sistem pencernaan pada manusia juga tidak lupa untuk diperhatikan karena jenis ini mudah menyerang siapapun dari anak kecil hingga orang tua.

Penyakit Sistem Pencernaan Pada Manusia

Seperti yang sudah diketahui, makanan merupakan sumber utama pada tubuh yang menyediakan energi sehingga dengan makanan yang cukup menjadikan tubuh semakin prima. Namun kenyataanya kadang kala tubuh mengalami masalah dengan munculnya penyakit sistem pencernaan pada manusia sehingga makanan yang dikonsumsi tidak dapat disalurkan secara baik oleh organ tubuh. Biasanya hal tersebut terjadi adanya gangguan pada usus, tenggorokan dan lainya.

Karena pencernaan pada manusia terdiri dari beberapa organ pencernaan, oleh sebab itu penyakit sistem pencernaan pada manusia mungkin terjadi cukup banyak. Diantara itu semua pasti pernah Anda alami sendiri sehingga nafsu makan pun juga berkurang, mulai dari gigi, lambung. Selain itu banyak pula kelainan lain yang sering dialami dab biasanya disebabkab oleh kuman dan bakteri yang terdapat pada makanan atau benda kotor. Dan untuk lebih jelasnya menganai macam - macam penyakit sistem pada pencernaan adalah sebagai berikut, langsung simak ulasanya.

Beberapa penyakit sistem pencernaan pada manusia

1. Sakit Gigi
Ini merupakan penyakit sistem pencernaan pada manusia yang paling sering dialami dan biasanya adanya lubang pada gigi. Meskipun hanay pada gigi namun harus diwaspadai karena dapat memicu dan menggangu kesehatan tubuh sehingga dapat mengganggu organ lain seperti mata, jantung dan sakit kepala. Tidak hanya itu saja, jika sakit gigi semakin parah dapat menyebabkan orang tersebut mudah untuk emosi saat mendengar suara yang keras dan sebagainya. Pada anak-anak, penyakit ini timbul akibat bakteri yang disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi tanpa membersihkan sisa makanan yang menempel. Sehingga jika dibiarkan membuat gigi mudah berlubang dan keropos.

2. Sariawan
Selain gigi sariawan juga harus diperhatikan dan segera diatasi jika terjadi masalah. Ketika mengalami sariawan akan terasa perih pada bibir dan lidah saat terkena makanan sehingga menjadikan nafsu makan berkurang. Yang menjadi penyebab sariawan adalah kurangnya pasokan vitamin C pada tubuh.

3. Kanker Lambung
Gejala awal ditandai tubuh yang terasa panas, nafsu makan berkurang, sulit mencerna makanan, rasa mual, dan timbul rasa nyeri di lambung. Penyakit sistem pencernaan pada manusia ini diakibatkan oleh bakteri Helicobacter Pylori dan bahkan jika tidak segera diatasi dapat membahayakan kesehatan. Dan jika kanker lambung tersebut semakin parah, penderita mengalami muka pucat, kotoran BAB berwarna hitam, berat badan menurun, dan bahkan mengalami muntah darah.

4. Diare
Penyakit ini terjadi karena adanya infeksi bakteri yang menyerang organ usus, sehingga proses penyerapan amir pada usus mengalami gangguan. Sehingga jika mengalami Diare menyebabkab penderita ingin membuang air besar secara terus menerus dan kotoran yang dikeluarkan tersebut berupa air. Selain itu, gejala yang umum terjadi ditandai dengan rasa mual dan muntah dan bahkan perut berbunyi dan pegal pada pinggung.

5. Hepatitis
Sistem penularan penyakit ini melalui air dan manakan yang telah terkontaminasi oleh bakteri dan virus yang menginfeksi pada hati. Penyakit ini juga cukup popular dan sangat berbahaya, dan jenis hepatitis juga banyak antara lain, hepatitis A, B, C, D, E, dan G.

6. Disentri
Penyakit ini muncul akibat terinfeksi oleh bakteri atau kuman yang menyerang organ usus, dan gejala awal jika terserang adalah perut terasa sakit, diare berlendir dan bahkan hingga berdarah. Jenis penyakit sistem pencernaan pada manusia terdapat dua tipe karena disebabkan dari kuman yang berbeda. Seperti Disentri baksiler yang disebabkan Shigella karena mengalami dehidrasi dan keracunan. Sedangkan untuk disentri amebik diakibatkan olej Amoeba, akibat dari pencemaran lingkungan seperti melalui air.

7. Gastritis
Atau biasa disebut penyakit Maag merupakan radang yang terjadi pada dinding lambung. Penyebab dari penyakit ini sangat beragam dan karena penderita kurang memperhatikan kondisi kesehatan, biasanya dialami akibat merokok, pola makan tidak teratur, stres, dan minumal yang mengandung alkohol. Sehingga menjadikan asam berlebih yang diproduksi lambung yang mengakibatkan iristasi pada selaput lendir di lambung.

8. Sembelit
Berbeda dengan diare, sembelit sendiri merupakan susah buang air besar karena kurangnya zat cairan dalam tubuh karena cairan tersebut diserap semua oleh usus besar. Sehingga mengakibatkan kotoran menjadi mengeras dan sulit untuk dikeluarkan. Dan untuk mengatasinya penyakit sistem pencernaan pada manusia yang satu ini diperlukan konsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak serat. Dan selain itu penderita juga harus menghindari perasaan mudah emosi, cemas, stres dan jangan menahan BAB terlalu lama.

Itulah beberapat kelainan sistem pencernaan yang sering dialami manusia, selain itu masih terdapat banyak lagi seperti Radang Usus Buntu, Parotitis, Hemorrhoid, Xerostomia, Flatus, Tukak Lambung, Parotitis, Disfagia, Megakolon, Peritonitis dan lainya. Demikianlah sedikit artikel kesehatan kali ini yang membahas penyakit sistem pencernaan pada manusia yang dapat kami sampaikan. Dan selain itu baca artikel lainya tentang manfaat cuka makan untuk rambut dan kecantikan.