Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat jambu biji untuk kesehatan - Pastinya Anda semua telah mengenal buah yang satu ini, karena mudah sekali untuk didapatkan. Asal mulanya, jambu biji berasal dari dataran Amerika Selatan tepatnya adalah Brasil. Bagi masyarakat Indonesia sendiri, buah yang bernama latin Psidium guajava ini kerap digunakan sebagai minuman jus atau dijadikan manisan karena mempunyai rasa yang lezat. Namun tahukah Anda jika jambu biji, jambu siki/jambu klutuk ini mempunyai peran penting dalam hal kesehatan, kecantikan dan bermanfaat juga bagi ibu hamil? Nah jika belum mengetahui, berikut beberapa info yang dapat groupkesehatan.blogspot.com berikan.

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

Meskipun sangat popular, namun banyak orang yang tidak menyukai jambu biji karena banyak nya biji yang terdapat pada buah ini. Perlu diketahui, buah tersebut sebenarnya mempunyai manfaat bagi kesehatan karena banyak nya nutrisi dan vitamin yang tidak kalah dengan buah lain. Dan bagi Anda yang tidak menyukai biji nya namun ingin mengkonsumsinya, bisa dibuat jus atau sekedar di ambil daging yang berwarna merah, sehingga biji tersebut tidak akan terkomsumsi. Nah untuk lebih jelas tentang manfaat jambu biji untuk kesehatan dan ibu hamil, simak dibawah ini.

Kandungan dan Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh

1. Mengobati demam berdarah
Penyakit ini sering kali melanda disaat musim hujan karena kurangnya kebersihan pada lingkungan. Secara umum, demam berdarah merupakan jenis penyakit yang mematikan jika penderita tidak segera diobati. Sebagai penanggulangan ataupun pencegahan, Anda dapat mengkonsumsi jambu biji. Pasalnya buah ini dapat meningkatkan kadar trombosit pada darah sehingga mampu untuk mencegah dan mengobati demam berdarah.

2. Meningkatkan sistem imun
Selain banyaknya kandungan vitamin C, ternyata kandungan Likopen pada jambu biji sangat banyak. Nah sekarang tahu maksud dari Likopen? Likopen sendiri murupakan sebuah antioksidan yang kuat, sehingga mampu menjaga kesehatan tubuh dan organ tubuh lain sehingga dapat menangkal adanya radikal bebas pada tubuh. Dan dengan demikian, manfaat jambu biji bagi kesehatan dapat mencegah sel jahat yang berpotensi menyebabkan munculnya berbagai penyakit yang menggangu kesehatan.

3. Menyehatkan kulit
Kandungan vitamin A serta nutrisi pada jambu biji dapat merawat kesehatan kulit. Buah ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin tampil cantik karena berperan penting sebagai antioksidan sehingga kulit tubuh terlihat selalu segar. Dan selain itu, manfaat jambu biji lainya untuk mengencangkan otot pada kulit sehingga mengurangi kulit keriput sehingga kulit akan terjaga kesehatanya. Dan jika Anda sering mengkonsumsi buah biji, secara tidak langsung menjadikan Anda selalu kelihatan awet muda.

4. Mengobati diare
Kandungan lycopene yang terdapat pada buah ini sangat baik untuk membantu mengatasi masalah kesehatan pencernaan. Kandungan lainya yang berupa desinfektan dan zat alkaline berguna untuk menyembuhkan penyakit diare dan disentri yang disebabkan oleh bakteri pada usus. Selain itu, masih terdapat kandungan lain untuk menjaga dan melindungi sistem pencernaan tubuh agar terhindar dari berbagai bakteri yang menyerang pencernaan.

5. Mencegah kanker
Selain berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh supaya tidak mudah terkena penyakit, manfaat jambu biji untuk kesehatan lainya untuk mencegah penyakit kanker. Kanker sendiri merupakan penyakit yang sangat menakutkan bagi semua orang, lantas dengan mencegah merupakan solusi yang terbaik. Nah untuk itu ternyata jambu biji berkhasiat untuk mengatasinya, karena mengandung zat flavonid dan fitonutrien sehingga sangat efektif mencegah kanker.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui. Namun aslinya masih terdapat manfaat lain berupa mengobatu diabetes, menjaga tekanan darah, menjaga kesehatan mata dan lainya. Banyak cara untuk mengkonsumsi jambu biji, bisa dimakan langsung, dijadikan jus atau dicampurkan kedalam makanan, sehingga membuat Anda tidak merasa bosan untuk mengkonsumsinya. Demikian tips kesehatan tubuh kali ini, dan baca juga manfaat sit up bagi kesehatan wanita.