Manfaat Sit Up bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat sit up bagi kesehatan tubuh - Jenis olahraga yang satu ini merupakan paling disarankan untuk menjaga kebugaran tubuh, karena mudah dilakukan dan tidak membutuhkan biaya. Meskipun termasuk olahraga yang sederhana, namun manfaat yang dihasilkan sangat baik bagi kesehatan tubuh asal dilakukan secara rutin dan benar. Dengan melakukan sit up perhari, berguna untuk menyehatkan jantung karena jantung tersebut semakin aktif dan menjadikan jantung semakin kuat. Dan dengan demikian, aktivitas Anda akan semakin mudah karena kondisi tubuh tetap terjaga.

Manfaat Sit Up bagi Kesehatan Tubuh

Dengan menlakukan sit up secara rutin mampu meningkatkan kekuatan otot pada seluruh tubuh seperti halnya otot perut, pinggul, lengan dan otot bahu. Dan selain itu semua, manfaat sit up bagi kesehatan tubuh mengecilkan perut buncit yang mana berguna bagi anda yang ingin diet. Hal tersebut disebabkan karena olahraga sit up merupakan olahraga yang berpusat pada perut sehingga dengan cepat membakar lemak perut jika Anda telah melakukanya secara benar, karena jika salah dapat menyebabkan cidera.

Manfaat sit up bagi kesehatan tubuh pria dan wanita

Secara umum manfaat sit up bagi pria dan wanita tidak jauh berbeda, yang membedakan hanya tujuan melakukan sit up, seperti untuk mengencangkan perut, menjaga kebugaran tubuh, menghilangkan lemat dan lain. Nah untuk itu berikut manfaat yang anda dapatkan saat melakukan sit up.

Mengencangkan otot tubuh
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Penn State University pada tahun 1998 sit up bergunaka untuk merangsang testosteron atau hormon steroid. Selain itu, manfaat nyata yang dihasilkan adalah pembentukan otot tubuh yang meliputi perut, lengan dan otot lain yang berhubungan sehingga menjadikan lemak perut semakin hilang.

Membakar lemak tubuh
Dengan mengencangnya otot tubuh, secara tidak langsung sit up berguna untuk membakar lemak yang terus menimbun pada bagian perut, lengan dan lainya. Dengan melakukan setiap harinya secara berlahan perut buncit akan berubah menjadi kecil. Hal tersebut merupakan kabar gembira bagi Anda yang ingin diet sehat.

Mencegah osteoporosis
Selain itu, manfaat sit up bagi kesehatan tubuh lain adalah mencegah Osteoporosis. Osteoporosis sendiri merupakan penyakit yang harus dihindari saat menginjak tua karena mempunyai dampak yang berbahaya. Nah untuk itu selagi masih muda, lakukan sit up setiap harinya agar bermanfaat untuk jangka panjang karena tulang tubuh semakin kuat.

Dan untuk mendapatkan manfaat sit up bagi kesehatan tubuh itu semua, Anda harus melakukan sit up secara hati-hati supaya tidak menimbulkan masalah pada tulang. Nah untuk itu berikut merupakan cara sit up yang benar.
  1. Berbaring di lantai dan usahakan diberi alas agar punggung tidak terasa sakit. Setelah itu tekuk lutut dan dengan membentuk sudut 45 derajat. Selanjutnya letakkan telapak tangan pada belakang kepala.
  2. Jika posisi sudah siap, lemaskan otot lengan dan leher.
  3. Dengan perlahan angkat tubuh bagian dada dan kepal atas dengan sudut 30 derajat, lalu ulangi cara tersebut sampai Anda terasa tidak kuat.

Nah itulah manfaat sit up bagi kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui. Dengan melakukan olahraga ringan tanpa mengeluarkan biaya, tubuh anda sudah terjaga dengan optimal. Dan yang paling penting, lakukan secara rutin saat bagun tidur supaya aktivitas seharian Anda tidak terganggu masalah kebugaran. Demikianlah tips kesehatan kali ini, dan baca juga cara mengobati sakit tenggorokan dengan bahan alami.