Cara Mengobati Sakit Tenggorokan dengan Bahan Alami

Cara mengobati sakit tenggorokan dengan bahan alami merupakan langkah yang terbaik untuk anda lakukan agar aman bagi kesehatan tubuh. Karena dengan bahan alami tidak mengandung efek samping dari bahan berbahaya yang terdapat pada obat yang tidak jelas asalnya. Dan sakit pada tenggorokan sendiri merupakan hal yang umum dialami tiap orang, karena terinfeksi bakteri sehingga menyebabkan peradangan pada tenggorokan. Hal tersebut ditandai dengan suara serak, sering batuk, terasa gatal dan sakit saat digunakan untuk menelan makanan. Meskipun penyakit ini tidak berbahaya namun sangat mengganggu sehingga harus segera diatasi.

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

Dalam upaya mengatasi sakit tenggorokan sebenarnya sangat mudah, karena dapat Anda lakukan dirumah menggunakan bahan alami. Bahan yang dapat digunakan bukan bahan yang sulit didapat karena sudah tersedia disekitar. Secara umum yang menjadi penyebab sakit tenggorakan adalah terlalu mengkonsumsi makanan yang terasa manis, makanan yang mengandung banyak minya dan efek dari merok. Dan untuk mengobati sakit tenggorokan tersebut anda tidak harus membeli obat karena dengan menggunakan bahan alami sudah mampu untuk mengatasinya. Nah bahan apa saja yang dibutuhkan, simak berikut ini.

Cara mengatasi sakit tenggorokan dengan bahan alami

Seperti yang sudah kami sebutkan, bahan alami sangat ampuh untuk mengatasi berbagai jenis penyakit ringan maupun yang berat. Nah untuk itu siapkan lebih dulu bahan-bahan yang ada dibawah ini untuk mengobati sakit tenggorokan, dan gunakan bahan yang sekiranya mudah Anda dapatkan.

1. Madu dan Lemon
Kedua bahan tersebut merupakan obat alami yang berguna untuk mengatasi sakit tenggorokan. Madu mempunyai manfaat sebagai anti bakteri dan antibiotik sehingga mempercepat proses penyembukan. Maka itu buatlah minuman dengan menggunakan lemon dan dicampur dengan madu agar sakit tenggorokan semakin cepat sembuh. Dan selain mengobati sakit tenggorokan, bahan tersebut dapat juga untuk mengatasi panas dalam.

2. Teh Jahe
Sama seperti madu, jahe mempunyai peran penting bagi kesehatan karena dapat menghangatkan tubuh dikala sedang sakit. Selain itu kandungan yang terdapat didalamnya juga bermanfaat untuk mengobati sakit tenggorokan. Kandungan zingiberinpada berguna untuk menlancarkan sirkulasi darah serta menghilangkan racun yang terdapat dalam tubuh. Selain itu manfaat jahe lain bagi kesehatan adalah untuk membunuh bakteri yang mengganggu kesehatan karena adanya anti inflamasi. Untuk mendapatkan khasiat itu semua, gunakan jahe sebagai minuman disaat sehabis makan atau yang lain.

3. Menghirup Uap Panas
Mungkin ini terlihat sepele dan sangat mudah untuk Anda praktekan, karena berguna juga untuk mengatasi sakit tenggorokan. Cara kuno tersebut sangat efektif dalam mengobati radang tenggorokan, caranya sediakan lebih dulu air panas yang masih mengandung banyak uap. Selanjutnya hirup uap tersebut menggunakan mulut agar sakit tenggorokan lekas terobati. Lakukan selama mungkin sampai uap dari air panas habis.

4. Bawang Putih
Bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengobati sakit tenggorokan adalah bawang putih. Pasalnya, pada bawang putih mengandung senyawa allicin yang bermanfaat untuk mengatasi bakteri penyebab sakit tenggorokan dan mempercapat penyembuhan. Nah cara menggunakanya cukup mudah, iris bawang putih menjadi kecil lalu langsung konsumsi. Meskipun saat mengkonsumsi rasanya tidak enak, namun khasiat yang dihasilkan bawang putih tidak perlu Anda ragukan lagi.

5. Konsumsi Sup Ayam
Selain membuat kenyang saat dikonsumsi, ternaya sup ayam berkhasiat mengatasi sakit tenggorokan dan mengatasi panas dalam. Bagi yang menderita sakit tenggorokan pastinya akan kesulitan untuk mengkonsumsi nasi atau makanan lain, nah untuk itu Anda bisa menggantinya dengan sup ayam. Selain itu, kandungan natrium yang dihasilkan mempunyai sifat anti inflamasi yang mempunyai peran untuk mengatasi masalah pada tenggorkan.

Itulah sedikit artikel mengenai cara mengobati sakit tenggorokan dengan bahan alami yang bisa groupkesehatan.blogspot.com sampaikan. Selain bahan tersebut masih terdapat bahan lain yang bisa anda gunakan, seperti jus belimbing, daun kemangi dan lainya. Demikianlah untuk tips kesehatan kali ini, dan baca juga manfaat jengkol untuk diabetes, jantung dan kesehatan lainya.