Manfaat Buah Pepaya bagi Kesehatan

Sebenarnya tanpa kita sadari, ternyata banyak khasiat yang terkandung dalam buah pepaya, dan sepertinya banyak orang yang tidak menyadari akan keberadaan manfaat buah pepaya tersebut. Buah pepaya merupakan jenis buah yang mudah didapat dan dibudidayakan, karena pepaya mudah tumbuh di semua daerah ataupun tempat. Meskipun demikian jangan manganggap remeh terhadap buah yang satu ini karena sangat baik dalam segi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Pepaya bagi Kesehatan

Tumbuhan yang berasal dari Meksiko dengan nama latin Carica papaya L ini termasuk buah serbaguna, karena selain lezat, daging, kulit, bunga dan daun pepaya dapat digunakan dalam pengobatan tradisional dan dijadikan sebagai bahan makanan. Untuk mengkonsumsi pepaya tidak harus menunggu sampai matang, saat masih muda daging nya sudah dapat dijadikan sayuran, dan daun pepaya biasa digunakan sebagai buntil ataupun digunakan untuk melunakan daging.

Khasiat buah pepaya bagi kesehatan tubuh

Selain dijadikan sebagai bahan makanan, pepaya juga berperan penting dalam pengobatan tradisional. Banyaknya kandungan vitamin A baik bagi kesehatan mata, menyembuhkan luka dan memperlancar susah buang air besar. Dan untuk manfaat buah pepaya lainya, berikut ulasanya.
1. Membantu kesehatan mata
Anda punya masalah dengan kesehatan mata? Konsumsilah buah pepaya setiap harinya. Kandungan betakaroten pada pepaya dikonversi menjadi vitamin A pada tubuh, sehingga buah pepaya dapat membantu kesehatan mata.

2. Melancarkan pencernaan
Papain yang terkandung pada pepaya dapat membunuh virus atau bakteri yang menggangu pencernaan. Disamping itu, buah pepaya kaya akan serat sehingga dapat memperlancar percernaan dan mencegah sembelit ataupun diare.

3. Menjaga kesehatan rambut
Dan ternayat manfaat buah pepaya berguna untuk masalah kecantikan. Selama ini, hanya shampo, lidah buaya dan jeruk nipis yang diketahui untuk merawat kesehatan rambut, akan tetapi pepaya juga punya manfaat yang sama. Tidak seperti yang lainya, untuk menggunakan buah pepaya kita harus melembutkan dulu lalu dijadikan masker untuk rambut.

4. Menyembuhan luka
Jika suatu saat anda terluka akibat kena pisau atau goresan yang lain pada kulit, mungkin anda bisa menggunakan pepaya sebagai media penyembuhan. Kali ini bukan daging pepaya yang digunakan, melainkan kulit pepaya berperan dalam pengobatanya.

5. Membantu proses diet
Bagi yang menjalankan program diet agar terlihat langsing, mengkonsumsi buah merupakan cara yang paling baik. Selain rendah kalori, kandungan gizi yang tinggi pada pepaya dapat membantu proses diet anda.

6. Kesehatan kulit
Anda ingin punya kulit sehat dan bersih tetapi tidak punya cukup duit buat perawatan ke salon? Sebaiknya anda memanfaatkan khasiat buah pepaya untuk mengatasinya. Kandungan Vitamin A,C,E pada pepaya dapat membantu menyehatkan kulit dan dapat mengatasi kulit yang terlihat kusam atau gelap.

7. Meningkatkan sistem imun
Manfaat buah pepaya selanjutnya adalah dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh. Karena jika kekebalan kekebalan tubuh kurang, seseorang dengan mudah terkena penyakit flu, pilek dan penyakit batuk. Untuk mencegah dan mengatasinya, konsumsi buah pepaya setiap harinya, karena kandungan vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda.

8. Mengingkatkan nafsu makan
Jika nafsu makan menurun, ada baiknya anda meminum jamu tradisioanal, yakni jamu yang terbuat dari daun pepaya. Untuk membuatnya, ambil beberapa daun pepaya yang masih segar lalu campur dengan sedikit garam dan segelas air panas. Blender ketiga bahan tersebut, lalu saring airnya dan minum air tersebut. Selain itu, anda bisa menggunakan daun pepaya sebagai sayuran untuk penambah nafsu makan.

Demikianlah beberapa manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh yang perlu kita ketahui. Selain itu, dibeberapa daerah di Indonesia, pepaya yang masih setengah matang dijadikan manisan yang dicampur dengan nanas, bengkoan, belimbing dan buah yang dijadikan rujak lainya. Dan untuk getah buah pepaya harga nya tergolong cukup mahal karena dapat diolah menjadi tepung papain yang mempunyai manfaat bagi kebutuhan industri. Cukup sekian ulasanya, dan baca juga artikel lain, manfaat buah nanas untuk kesehatan.