Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan

Manfaat buah nanas - Buah dengan nama Latin Ananas comosus ini merupakan buah yang sangat mudah dibididayakan dan untuk melakukan perawatanya juga tidak terlalu sulit. Baik secara klinis maupun tradisional, buah nanas sendiri sudah terbukti mempunyai banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan, dan ternyata kulit nanas sendiri berguna juga untuk membersihkan batu marmer.

Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan

Buah nanas merupakan jenis buah yang harga cukup murah, namun untuk khasiat buah nanas tidak perlu diragukan. Pasalnya banyak kandungan yang terdapat pada nanas sehingga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Nah manfaat apa saja yang ada didalam nya? berikt ulasanya.

Khasiat buah nanas bagi kesehatan

1. Mengobati cacingan
Cacingan merupakan penyakit yang biasa di alami oleh anak-anak, penyakit ini sangat menggangu dalam nafsu makan. Untuk mengatasinya, dengan mengkonsumsi nanas muda yang sudah di parut lalu saring hasil parutan tersebut diminum airnya agar mendapat manfaat buah nanas tersebut.

2. Perut kembung
Ketika mengalami masalah pada pencernaan, Perut akan terasa kembung. Hal ini menjadikan orang tersebut akan terasa mudah kenyang meskipun dengan sedikit makan perut atau lambung terasa penuh. Cara mengobatinya minum jus nanas 3 kali/hari, lakukan pengobatan ini saat sebelum makan.

3. Mempercepat penyembuhan luka
Kesleo, lebam atau memar bisa diobati dengan buah nanas yang sudah masak karena adanya Enzim Bromelain. Caranya dengan mengompreskan hasil parutan nanas pada tubuh yang mengalami lebam atau memar. Cara ini juga dapat mengobati penyakit bisul, gatal, luka bakar dan mengatasi peradangan kulit.

4. Memperlancar pencernaan
Kandungan enzim bromelain yang tinggi pada nanas dapat memperlancar sistem pencernaan tubuh sehingga terhindar dari sembelit dan diare. Selain itu manfaat buah nanas yang berupa enzim ini berguna untuk mengobati radang dan pelega tenggorokan.

5. Berperan sebagai pembersih
Enzim bromelain pada nanas berguna sebagai pembersih tubuh supaya kandungan asam pada darah menjadi seimbang. Selain manfaat tersebut, mengkonsumsi nanas dapat mengurangi cairan yang berlebihan pada tubuh sehingga bisa mengobati penyakit Edema.

6. Memperlancar haid
Manfaat yang satu ini berguna bagi wanita guna memperlancar haid, khususnya nanas yang masih muda. Namun yang wajib diperhatikan, nanas muda tidak dianjurkan dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil karena dapat berakibat buruk.

7. Menambah gula darah
Kandungan gula yang tinggi sangat baik dikonsumsi bagi seseorang yang kadar gulanya rendah, karena dengan mengkonsumsi nanas dapat menambah kadar gula dalam tubuh.

8. Mencegah kanker
Dan manfaat buah nanas yang terakhir adalah sebagai zat untuk mencegah munculnya penyakit kanker. Sebab kandungan vitamin A dan C yang terdapat pada nanas merupakan antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas yang merupakan faktor utama yang menjadi penyebab munculnya sel kanker pada tubuh.

Efek samping mengkonsumsi buah nanas

Tidak selamanya nana mempunyai manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh, karena terdapat bebrapa pantangan yang harus diketahui dan dihindari saat akan mengkonsumsi nanas. Nah untuk itu berikut merupakan hal yang harus diperhatikan sebelum memakan buah nanas.
  • Bagi wanita hamil dilarang keras minum jus nanas atau mengkonsumsi buah nanas, nanas muda akan berpotensi sebagai abortivum atau penggugur kandungan.
  • Nanas dapat menimbulkan rematik Gout karena saat didalam tubuh akan difermentasi menjadi alkohol. Jika anda penderita rematik dan radang sendi, sebaiknya jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi nanas.
  • Nanas tidak disarankan bagi orang yang menderita kencing manis, karena kandungan gula pada nanas cukup tinggi.
  • Bagi seseorang yang mudah alergi, biasanya setelah makan nanas akan mengalami rasa gatal pada mulut dan lidah. Sebaiknya sebelum makan nanas, dicuci atau direndam terlebih dahulu nanas yang sudah dikupas dengan air garam.

Itulah sedikit ulasan yang membahas tentang manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh, serta efek samping buah nanas yang ditimbulkan nya. Cukup sekian artikel untuk kali ini, dan baca artikel sebelumnya mengenai tips menjaga kesehatan mata agar tetap tajam.