Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Mata merupakan salah satu organ terpenting bagi tubuh manusia, dengan kehadiran mata menjadikan seseorang dapat melihat dengan sempurna. Namun kadang kala banyak yang mengabaikan dan kurangnya menjaga kesehatan mata, akibatnya membuat mata menjadi mudah terkena berbagai penyakit. Penyakit mata sendiri bermacam-macam, mulai rabun, mata merah dan yang paling parah adalah kebutaan. Nah jika telah mengalami kejadian tersebut barulah mereka mengalami penyesalan.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Dan jika Anda tidak ingin mengalami kejadian tersebut, alangkah baiknya menjaga kesehatan mata sedini mungkin agar mata tetap sehat. Dengan memiliki mata sehat kita akan dapat menikmati indahnya alam serta dapat melakukan kegiatan apapun tanpa halangan. Dalam menjaga dan merawat mata sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan dapat merubah kebiasaan buruk yang berdampak pada mata seperti haknya berlama - lama didepan monitor, membaca sambil tiduran dan lainya. Jika telah menghindari dan mengurangi kegiatan tersebut harus juga didukung dengan perawatan. Untuk itu berikut cara merawat kesehatan mata secara alami.

Dalam perawatan mata kita tidak harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Dengan melakukan hal-hal yang ringan sekalipun kesehatan mata dapat teratasi. Cara yang paling mudah menggunakan cara alami dengan merubah pola hidup sehat yang dapat Anda lalukan seperti dibawah ini.

Menjaga kesehatan mata secara alami

1. Makan buah dan sayuran
Buah dan sayur merupakan makanan yang wajib dikonsumsi demi kesehatan, tidak hanya untuk mata namun juga berguna dalam menjaga kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi secara teratur, dapat terpenuhinya kebutuhan gizi dan vitamin yang diperlukan mata sehingga dengan mudah mencegah penyakit mata. Zat yang dihasilkan dari buah dan sayur, secara langsung tidak dapat mengobati penyakit kebutaan, namun senyawa yang dihasilkan dari bahan tersebut mampu mencegah mata dari penyakit katarak, rabun, dan degenerasi nakula.

2. Menggunakan mentimun
Cara diatas merupakan cara alami dengan mengkonsumsi buah dan sayur, namun untuk mentimun sendiri kita tidak harus mengkonsumsinya. Mentimun disini memang tidak mengobati penyakit mata seperti pada umumnya, melainkan untuk menghilangkan kantung mata. Lantas bagaimana cara menghilangkan kantung mata dengan mentimun? cukup taruh irisan mentimun pada daerah mata yang berkantung.

Merawat kesehatan mata dengan merubah kebiasaan

Banyak cara yang dapat dilakukan dalam perawatan mata, selain dengan cara alami dapat juga dengan merubah kebiasaan dan pola hidup sehat.
1. Jangan membaca ditempat gelap
Bagi banyak orang yang gemar membaca buku atau kutu buku, umumnya mereka akan asik membaca tanpa memperhatikan kesehatan. Dengan terlalu lama membaca dan dibarengi ditempat yang gelap, menjadikan otot mata cepat lelah, jika hal tersebut terus dibiarkan nantinya dengan mudah dapat mengakibatkan memicu terjadinya penyakit mata. Untuk itu, rubah kebiasaan tidak baik tersebut agar kesehatan mata dan tubuh tetap optimal.

2. Jangan terlalu lama didepan monitor
Selama ini penyakit mata tidak hanya dialami orang tua, melainkan juga yang masih remaja. Selain membaca buku ditempat gelap, terlalu lama didepan TV dan monitor komputer atau laptop juga berdampak buruk bagi mata. Hal tersebut terjadi karena akibat dari gelombang radiasi yang dihasilkan perangkat elektronik tersebut, sehingga mengakibatkan rusaknya retina pada mata. Namun jika Anda berkerja didepan komputer, sebaiknya gunakan pelingdung pada monitor dan istirahat tiap beberapa jam agar mata tidak cepat lelah.

3. Melakukan senam mata
Tidak hanya tubuh yang diharuskan melakukan senan dan olahraga, akan tetapi mata juga membutuhkan nya. Dalan melakukan aktivitas tersebut, tidak perlu keluar ruangan karena kita hanya melakukan senam dengan menggerakan mata kesemua arah. Menjaga kesehatan mata dengan cara lami tersebut sangat efektif guna mencegah penyakit rabun dan sangat diperlukan bagi orang yang bekerja didepan monitor atau yang gemar membaca. Lakukan secara rutin dan berkala setiap saat, agar mata tetap terjaga kesehatanya.

4. Kurangi tetes mata
Saat mata terkena iritasi ringan, tetes mata memang dapat mengatasinya asalkan jangan menggunakan secara berlebih. Saat akan menggunakan, perhatikan lebih dulu indikasi yang terdapat pada tetes mata. Karena jika bahan tersebut terdapat kortikosteroid, nantinya dapat menimbulkan glaukoma yang berakibat dengan kebutaan.

Cara diatas tersebut merupakan tips menjaga kesehatan mata secara alami tanpa menggunakan obat. Dengan memiliki mata yang sehat, hidup akan lebih menyenagkan dan lebih berwarna, sehingga perawatan mata memang wajib dilakukan. Demikianlah sedikit ulasan yang groupkesehatan.blogspot.com dapat sampaikan, dan selain itu artikel lainya, cara mudah menambah tinggi badan.